Bidang usaha merupakan bidang atau bagian yang mengelola masalah usaha atau kegiatan koperasi yang bertujuan memperoleh pendapatan atau keuntungan.Bidang usaha sangat ertat kaitannya dengan koperasi mahasiwa,karena dinamakan koperasi karena didalamnya itu terdapat usaha usaha.oleh karena itu maka ketika usaha dalam koperasi berkembang maka koperasi itu sendiri juga dapat dikatakan Berjaya.dalam perkembangannya bidang usaha kopma UM sudah luar biasa akan tetapi untuk lebih meningkatkan bidang usaha menjadi yang sangat luar biasa maka perlu strategi strategi khusus,diantaranya dalap dilakukan melaui dua jalan yaitu intensifikasi usaha dan ekstensifikasi usaha,intensifikasi usaha dapat dilakukan melalui perbaikan sistem dan kinerja perangkat koperasi yang dalm hal ini adalah pengurus dan pegawai.Selain upaya intensifikasi,upaya lain yang dapat dilakukan adalah ekstensifikasi usaha yaitu dengan melakukan penambahan unit unit usaha yang ada.
Upaya yang dapat dilakukan melaui intensifikasi usaha adalah memperbaiki kinerja dan sistem yang ada dalam bidang usaha kopma,misalnya pada bidang usaha minimarket,untuk meningkatkan pendapatan dari bidang usaha ini pengurus dan pegawai dapat menerapkan strategi pemasaran yaitu marketing mix,pengurus harus mampu mengetahu produk yang dibutuhkan anggota,berapa harga yang diinginkan anggota,bagaimana tataruang minimarket yang strategis dan bagaimana serta kapan waktu promosi dilakukan.semua itu dapat terjawab dengan bekerjasama dengan tim peneliti dalam kopma,dari berbagai pertanyaan diatas maka dapat ditarik suatu solusi yaitu produk yang dibutuhkan anggota adalah kebutuhan primer anggota(mahasiswa) pada umumnya,produk yang saat ini lagi booming,produk yang menarik dan unik, mengenai harga yang diinginkan kita bisa gunakan strategi penentuan harga, baik itu melalui penentuan harga secara biasa dalam artian harga beli ditambah dengan persentase keuntungan yang diinginkan atau mungkin melakukan potongan atau diskon pada barang khusus,atau mungkin bekerjasama dengan PMI atau lembaga kemasyarakatan lain sehingga pola pikir anggota menjadi “ ketika belanja dikoperasi itu sama dengan mendonasikan uang atau mensedekahkan uang untuk yang membutuhkan,jadi selain berbelanja juga bersedekah” dan berbagai strategi penentuan harga diatassemata mata bertujuan untuk menciptakan perdagangan yang saling mnguntungkan, selanjutnya mengenai tataruang minimarket yang strategis,tata ruang yang strategis bisa dilakukan dengan membuat penataan yang menarik pembeli atau dapat juga dengan meletakkan barang-barang yang sering dibeli konsumen didepan atau dilokasi ramai hal ini bertujuan agar konsumen langsung terlayani.Hal yang terakhir yaitu promosi atau pemasaran,promosi pemasaran kopma dapat dilakukan melaui periklanan di internet melalui facebook,twiter,dan jejaring social lainnya,selain periklanan kopma juga dapat melakukan pemasaran melalui personal selling yaitu langsung mendatangi konsumen untuk promosi,publisitas yaitu pemasaran melalui brosur dan pamflet,atau mungkin promosi melalui bagian hubungan masyarakat yaitu dengan melakukan kegiatan sosial seperti pembagian dana social dan dana pendidikan,hal ini bertujuan untuk memunculkan kepercayaan dan menjalin kerjasam secara transparan pada masyarakat secara umum dan anggota secara khusus.
Selain upaya marketing mix diatas upaya intensifikasi yang dapat dilakukan yaitu melakukan kerjasama dan jaringan usaha koperasi,kopma dapat bekerjasama dengan berbagai usaha diluar universitas untuk lebih meningkatkan upaya dalam pemenuhan kebutuhan anggota misalnya berkeja sama dengan unit usaha potong rambut,tambal ban atau mungkin bekerjasama dengan koperasi mahasiswa lain hal ini bertujuan untuk salaing bertukan kebermanfaatan dan saling menguntungkan atau menciptakan perdagangan yang tidak saling merugikan.aspek intensifikasi diatas perlu dilakukan dengan semangat,kerja keras,dan optimism yang tinggi.
Ekstensifikasi usaha dapat dilakukan dengan berbagai pengembangan usaha diantaranya usaha percetakan,persewaan terop,penginapan,asuransi jasa simpan.
Percetakan merupakan usaha yang memiliki peluang besar dalam pengembangannya di kopma,produk percetakan seperti baner,poster,pamphlet,kartu nama dan lain sebagainya merupakan produk yang sering dibutuhkan oleh anggota koperasi di lingkungan universitas misalnya poster untuk acara lomba,banner,kartu nama,brosur dan pamflet untuk acara pemilihan BEM,HMJ,acara acara yang diadakan oleh mahasiswa baik tingkat universitas atau tingkat fakultas.,melihat peluang usaha percetakan yang luar biasa maka kopma haruslah mengaktualisasikannya dalam bentuk pembelian peralatan dan perlengkapan percetakan atau mungkin melakukan kerjasama dengan percetakan untuk mewadahi kebutuhan anggota terhadap produk percetakan,selain produk percetakan diatas,usaha percetakan juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan percetakan buku,majalah dan surat kabar,semua produk percetakan diatas bertujuan untuk mensejahterakan anggota.
Penginapan sekarang merupakan usaha yang sering dijadikan sebagai usaha sampingan yang menguntungkan,kopma dapat membuat penginapan dan hal ini dilator belakangi dengan banyaknya acara perlombaaan yang diadakan universitas dan membutuhkan penginapan yang berkualitas dan terjangkau,selain penginapan kpma juga dapat mendirikan kos’’an atau mungkin kontrakan.
Asuransi adalah usaha yang mengalami perkembangan di Indonesia, sadar atau tidak pola pikir Indonesia mengenai upaya untuk menjaga dan melindungi dirinya sudah mulai berkembang,banhyak usaha asuransi jasa dan asuransi kesehatan yang ditawarkan,koperasi mahasiswa sendiri hendaknya menyediakan asuransi untuk anggotanya yaitu dengan mengadakan kerjasama usaha,misalnya untuk menjaga kesehatan anggota kopma dapat bekerja sama dengan asuransi kesehatan.dan dalam menyediakan fasilitas simpan hendaknya kopma juga menyediakan.karena hal ini bertujuan untuk menfasilitasi anggota yang ingin menyimpan uangnya di kopma,kopma juga harus menampilkan iunovasi dalam produk simpanan ini misalnya dengan tidak ada biaya administrasi dan potongan potongan,dan perjanjian dengan anggota yang menyimpan untuk pengelolahan dana simpanan anggota untuk digunakan dalam mengembangkan usaha dan setelah itu antara kopma dan anggota bisa melakukan bagi hasil.
Semua usaha pengembangan diatas hendaknya dilakukan dengan kegigihan,optimis, percaya,komitmen yang tinggi,kerjasama yang solid antar lini,dan juga menerapkan asas koperasi gotong royong dan kekeluargaan,yang terakhir yaitu upaaya tersebut dilakukan secara berkelanjutan atau istiqomah.
Secara garis besar dalam upaya pengembangan usaha ini adalah rencana besar,kepercayaan tinggi,dan mulai mewujudkan rencana besar,setelah itu berdoa dan berserah diri.semangat sukses untuk kopma,” Bukan sebera jauh langkah kopma tapi sebera bermanfaat langkah kopma untuk anggota kopma”.
0 komentar: